5 Manfaat Ampas Teh

5 Manfaat Ampas Teh

Manfaat Ampas Teh – Teh merupakan salah satu minuman yang banyak disukai oleh masyarakat dari berbagai kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa hingga orang yang sudah tua sekalipun. Biasanya teh dikonsumsi sebagai minuman penganti kopi karena di dalam teh terdapat kandungan kafein yang lebih sedikit di bandingkan dengan kopi.

Konon katanya, masyarakat jaman dulu sudah mengenal minuman ini. Namun, pada saat ini teh sudah dikemas dalam bentuk yang lebih praktis yaitu berupa kantongn kecil yang di dalamnya terdapat daun teh yang sudah dikeringkan. Cara pembuatannya pun cukup mudah, yaitu hanya menyeduhnya di dalam air panas kemudian bisa ditambahkan dengan gula atau madu secukupnya.

Gambar Ampas Teh

Teh juga merupakan minuman yang dapat dicampur dengan sari buah dan bunga, sehingga rasanya akan lebih menyegarkan. Salah satu hasil olahan teh dengan sari buah dan bunga diantaranya adalah lemon tea, apple tea, teh melati dan lain-lain. Dengan adanya teh dengan berbagai rasa tersebut, membuat orang yang mengkonsumsinya tidak merasa cepat bosan dengan rasa teh yang itu-itu saja.

Ketika membuat dan menyeduh teh, biasanya seseorang akan langsung membuang ampas teh tersebut setelah digunakan / diseduh sebanyak 1 – 2 kali. Namun, sebaiknya mulai sekarang jangan biasakan untuk terburu-buru membuang ampas teh yang sudah digunakan karena di dalamnya terdapat kandungan senyawa yang berguna untuk kecantikan wajah.

Situs manfaat.co.id mengungkapkan bahwa di dalam teh terdapat kandungan polifenol dan minyak esensial. Kandungan polifenol tersebut sejenis antioksidan bioflavonoid yang memiliki kemampuan 25 kali lebih efektif dibandingkan dengan vitamin E dan 100 kali lebih efektif daripada vitamin C. Sementara kandungan minyak esensial di dalamnya memiliki fungsi utama, yaitu untuk membantu proses pembentukan. [1]

Dengan adanya semua kandungan tersebut, sudah dapat dipastikan bahwa ampas teh ini mempunyai manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, bacalah artikel ini hingga selesai karena di sini akan dijelaskan tentang manfaat ampas teh. Inilah beberapa manfaat ampas teh yang dianalisir dari spirit.web.id, adapun beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Mengatasi Jerawat
    Di dalam kantong teh terdapat kandungan antioksidan, vitamin C dan vitamin E yang dapat digunakan untuk mengatasi jerawat dengan cara menggunakan ampas teh yang sudah didiamkan semalaman untuk dijadikan sebagai masker wajah, diamkan selama 10 – 15 menit sebelum dibilas agar mendapatkan hasil yang maksimal.
  2. Memudarkan Noda Hitam Bekas Jerawat
    Tak hanya dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat, masker ampas teh juga dapat digunakan untuk memudarkan noda bekas jerawat dan flek-flek hitam. Cara mengaplikasikannya hanya dengan mengoleskan ampas teh pada noda hitam ataupun flek-flek hitam secara teratur, diamkan selama 15 – 20 menit kemudian bilas dengan air bersih.
  3. Membantu Menyembuhkan Kulit yang Terbakar Matahari
    Pada umumnya, orang yang terlalu sering melakukan aktivitas di luar ruangan kulitnya akan mudah terbakar sinar matahari jika tidak menggunakan tabir surya ataupun sunblock. Namun apabila sudah terlanjur terbakar, kulit wajah akan memerah dan akan terasa perih. Untuk mengatasinya, dapat dilakukan dengan meletakkan kantong teh yang sudah dingin ke dalam bak mandi atau bathup, kemudian berendamlah di dalamnya setelah beraktivitas di bawah sinar matahari.
  4. Menghilangkan Mata Panda
    Salah satu masalah wajah yang sering dialami oleh kebanyakan orang adalah mata panda atau masalah kantung mata yang menghitam. Cara menghilangkan mata panda dapat dilakukan dengan cara membenamkan wajah ke dalam teh yang sudah basi dengan mata yang terbuka.
  5. Mencerahkan Kulit Wajah
    Kandungan senyawa polifenol di dalam ampas teh dapat digunakan untuk membuat wajah menjadi lebih cerah. Caranya dapat dilakukan dengan menggunakan ampas teh yang sudah didiamkan selama semalaman menjadi masker wajah. [2]
Menggunakan ampas teh secara teratur sebagai masker wajah juga dapat menjadikan kulit wajah menjadi bersih, halus, kencang dan dapat mencegah terjadinya penuaan dini. Oleh karena itu, jangan terburu-buru untuk membuang ampas teh setelah mengetahui manfaatnya.

Comments